SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

Selasa, 08 Juni 2010

Substitusi Kampas Kopling Otomatis Mio Dengan BeAt

OTOMOTIFNET - Substitusi komponen tak cuma dari satu merek motor. Tapi beda produsen juga bisa. Contoh kampas kopling otomatis atau biasa disebut kampas kopling ganda antara Honda dan Yamaha.

“Kali ini, Yamaha Mio pakai komponen dari Honda BeAT,” terang Bambang dari bengkel Ben x Motor di Maruya Ilir, Kembangan, Jakbar.

Masih katanya, kampas BeAT jauh lebih murah, Rp 110 ribu. Coba bandingkan harganya dengan Yamaha Mio sebesar Rp 232.500. Bedanya? Kalau di Mio mesti memborong satu set termasuk mangkuknya, sementara punya BeAT bisa dibeli kampasnya saja tanpa dudukan kampas kopling.

Proses pemasangannya juga mudah, gak perlu mengubah sedikit pun di rumah CVT Mio, lantaran bentuk dan ketebalannya sama persis dari kedua merek motor ini. Nah, daripada penasaran, kita langsung saja buktikan.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Pertama siapkan perkakasnya; obeng kembang, obeng min, T-8, T-12, ring 24, tang lancip dan treker. Sudah? Sekarang lepas dua baut dek cover bagian bawah dekat footstep belakang dengan obeng kembang, lalu copot dua baut footstep dengan kunci T-12, agar saat mencopot rumah CVT tidak terganjal oleh footstep.

Selanjutnya lepaskan semua baut berjumlah 12 buah di cover CVT pakai kunci T-8 (gbr.1). Setelah casing CVT-nya terpisah dari dudukannya, terlihatlah perangkat kampas kopling otomatisnya dan lepas komponen itu dengan bantuan treker dan kunci ring 24 (gbr.2).


Gbr 5

Langkah berikutnya, angkat kopling ganda yang menyatu puli belakang pakai tangan dan lepaskan juga belt-nya. Lalu letakkan puli di tempat yang rata untuk membuka mur pengikatnya dengan menggunakan kunci Inggris.

“Hati-hati saat melepas murnya, bagian pinggir mesti ditahan dengan kaki dan tangan. Sebab, per CVT di dalam akan mendorong dengan keras ke atas,” wantinya sambil mencontohkan cara melepasnya (gbr.3).

Kelar melepas mur tadi, terdapat tiga per penahan kampas kopling ganda, langsung deh tarik keluar pakai tang lancip (gbr 4). Lantas copot ring spi pengunci di setiap sepatu kampas pakai obeng minus (gbr.5) berikut ring di bawahnya setelah ring spi.

Setelah semua ring copot, tinggal tarik sepatu kopling yang lama dan ganti punya Honda BeAT. Beres deh. Oh ya, cara pasangnya kebalikan waktu membukanya tadi.


Penulis/Foto: Pidav / Pidav


Tips Motor Terkait :Arsip Tips Motor

Suzuki New Smash


Suzuki New Smash 110 Pecahkan Rekor MURI
Suzuki Smash “ Si Gesit Irit”, sepeda motor empat tak yang tidak asing lagi dikalangan pengguna motor di seluruh Indonesia kini telah ber-revolusi menjadi Suzuki New Smash. Dengan diluncurkan Suzuki New Smash 110, Suzuki kembali membuktikan ketangguhannya sekaligus memecahkan rekor MURI dengan Uji Ketahanan 50 jam Nonstop di sirkuit Sentul, Bogor.

Uji Ketahanan ini berlangsung pada tanggal 27 Juni 2006 pukul 09.11 WIB dan berakhir 29 Juni 2006 pukul 11.11 WIB.

Uji ketangguhan New Smash telah dibuktikan oleh para pembalap motor professional Indonesia yang berhasil mengelilingi sirkuit Sentul selama 50 jam nonstop tanpa mematikan mesin dan berhasil menempuh 1066 putaran atau sejauh 4226,69 km.

Para pembalap motor yang ikut serta Uji Ketahanan 50 Jam Nonstop adalah Sbb :

GROUP I KEL. A KEL. B KEL. C
1. Denny Aditya 1. Bima Aditya 1. M. Nurgiantho
2. Denny Lambada 2. Dimas Widyastama 2. M. Ariansyah
3. Diaz Kumoradji 3. Dila Koko 3. A. Martha
GROUP II KEL. A KEL. B KEL. C
1. Hendriansyah 1. Alex Hermawan 1. M. Fadly
2. Irwan Ardiansyah 2. Hendrik Alam 2. Melan Kungkung
3. Jeanny Momo 3. Juni A S 3. Hadi Wijaya

Masing-masing Group mengelilingi sirkuit Sentul selama 25 Jam Nonstop tanpa mematikan mesin dengan mengendarai 3 motor yang dikendarai secara bergantian oleh pembalap.

Masing-masing kelompok (A,B,C) mengelilingi sirkuit Sentul sebanyak 25 Lap atau selama ± 1 jam 15 – 20 menit secara bergantian.

Panjang Lintasan : 3,965 Km
Best time satu lintasan penuh : 02 :32,058
Best Speed : 92, 333 Km/h
Total Lap yang ditempuh : 1066 Lap
Total Kilometer yang ditempuh : 4226,69 Km

Pemecahan rekor ini merupakan langkah yang dibuat untuk membuktikan ketangguhan mesin New Smash yang menggunakan teknologi SEPIS 2, yang mengkombinasikan keunggulan yaitu tarikan mantap dan irit bahan bakar.

Sebagai wakil dari MURI, Bapak Paulus Pangkat yang menyerahkan penghargaan kepada Bapak Soebronto Laras selaku Presiden Direktur PT Indomobil Niaga International mengungkapkan bahwa rekor Uji Ketahanan New Smash 50 Jam Nonstop ini merupakan Prestasi Dalam Uji Ketahanan 50 Jam Nonstop di Sirkuit Sentul sekaligus pemecah rekor MURI dimana rekor MURI sebelumnya adalah Uji Ketahanan 48 jam Suzuki Shogun 125 di tempat yang sama pada bulan Desember 2006.

Uji Ketahanan New Smash 50 Jam ini merupakan bagian dari rangkaian acara Launching Suzuki New Smah FK 110 yang akan diadakan pada tanggal 9 Juli 2006 di Taman Mini Indonesia Indah.

Sekilas Mengenai New Smash 110

New Smash 110 (FK 110) dengan tampilan baru dan merupakan penyempurnaan dari type sebelumnya Smash 110 (FD 110) memberikan perubahan kearah yang lebih maju dalam hal tampilan, kombinasi antara performa tenaga yang lebih baik dengan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis serta kenyamanan berkendara dan pemakaian yang praktis.

Penampilan baru juga terlihat lebih memikat pada body yang lebih sporty, ramping, dan garis desain
tegas mengikuti trend saat ini.

Posisi lampu sein yang kini terpasang di cover depan, hal ini memudahkan pengendara lainnya untuk
melihat sinyal saat pengendara akan berbelok. Posisi lampu sein ini, membuat bagian handle cover atau
stang terlihat compact.

Bagian Belakang juga mendapat sentuhan baru yaitu dengan lampu belakang dengan desain baru yang
lebih stylish berbentuk kurva dan reflector desain bentuk polygon sehingga pantulan yang dihasilkan
lebih terang.

Knalpot Suzuki New Smash 110 yang bergaya Sporty layaknya motor besar.

Dokumentasi Uji Ketahanan 50 jam Nonstop, 27-29 Juni 2006 di Sirkuit Sentul Bogor.

Para pembalap yang akan mengendarai New Smash 110 bersiap-siap di posisi start, 27 Juni 2006.

Para pembalap sedang beraksi membuktikan ketangguhan New Smash 110 di Sirkuit Sentul selama 50 jam
Nonstop dengan menggunakan 3 motor secara bergantian tanpa mematikan mesin.

Pembalap memasuki garis finish 29 Juni 2006 Pukul 11.11 Wib setelah 50 jam nonstop mengendarai New
Smash mengelilingi Sirkuit Sentul Bogor.

Bapak Soebronto Laras memberikan penghargaan kepada pembalap yang telah membuktikan
ketangguhan New Smash 110 selama 50 jam Non-stop

Bapak Djaelani selaku General Manager PT PERTAMINA merupakan sponsor resmi oli enduro 4 tak yang
digunakan New Smash dalam Uji Ketahanan 50 Jam Nonstop memberikan penghargaan kepada pembalap.

Bapak Paulus Pangkat sebagai wakil dari MURI turut memberikan penghargaan kepada pembalap yang
telah berhasil membuktikan ketahanan New Smash.

Bapak Paulus Pangkat sebagai wakil dari MURI memberikan Piagam Rekor MURI Uji Ketangguhan 50 Jam
New Smash FK 110 kepada Bapak Soebronto Laras.

Bapak Paulus Pangkat sebagai wakil dari MURI memberikan Piagam Rekor MURI kepada Oli Enduro 4-Tak
pelumas yang digunakan dalam Uji Ketangguhan 50 Jam New Smash yang diberikan kepada Bapak
Djaelani.

Press conference yang berlangsung usai acara Uji Ketahanan 50 Jam New Smah di Sirkuit Sentul Bogor.
Ki-ka : Bapak David, Bapak Djohar Lusdi, Bapak soebronto Laras, Mr. Saito, Bapak Darmadi Tjuatja.